Jumat, 30 November 2012

Cara Membuat Pendingin Modem Sendiri

Salam bahagia teman-teman, semoga selalu dalam keadaan sehat. Pada kesempatan sore hari ini, mari kita belajar cara membuat pendingin modem sendiri, yang tentunya sangat berguna bagi modem yang cepat overheat, termasuk modem smartfren yang aku pinjem sekarang.
Tutorial cara mengatasi modem yang cepat panas ini, aku kutip langsung dari blog glazzy karena tutorialnya sangat lengkap. Selain itu, pendingin modem yang sudah aku buat terlihat urakan, yang penting ada kipasnya ;-), jadi susah untuk membuat tutorialnya. Langsung saja, simak baik-baik step by stepnya berikut ini:
1. Bahan-bahan yang dibutuhkan:
Membuat Pendingin Modem
a. Gunting;
b. Selotip;
c. Modem;
d. Kabel USB extensio (Harga Rp.5.000);
e. Kipas HSF untuk VGA (Harga Rp.15.000);
f. Alumunium (Pada tutorial ini aluminium yang digunakan bekas antena Indoor TV).
2. Potong ujung kabel 'female' USB extension-nya, nanti di dalamnya ada 4 warna kabel. Kabel USB ada dua tipe:black-green-white-red (tipe1) dan yellow-red-green-white (tipe2). Sedangkan untuk jalur listriknya: black & red (tipe1), yellow & white (tipe2). Karena pada pembuatan kali ini saya memakai USB tipe 1, jadi saya memotong semua kabel warna lainnya kecuali warna black & red.
Membuat Pendingin Modem
3. Potong ujung Kipas HSF, kemudian sambungkan dengan kabel USB tadi. Sambungkan warna red dengan red dan warna black dengan black.
Membuat Pendingin Modem
4. Tempel modem ke kipas HSF kemudian pasang alumunium ke body modem, kemudian sesuaikan aluminium tersebut dengan body modem.
5. Lubangi aluminium, sesuaikan dengan tempat sekrup pada kipas HSF.
Membuat Pendingin Modem
6. Selamat Pendingin Modem anda telah selesai!
Membuat Pendingin Modem
Sekian dulu tutorialnya kali ini, semoga bermanfaat bagi teman-teman.

wasalam......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar